5 Manfaat Dari Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

jagung

5 Manfaat Sayur Jagung Yang Sangat Luar Biasa – Jagung yang memiliki nama ilmiah Zea mays merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Jenis tanaman yang satu ini juga menjadi salah satu makanan pokok bagi masyarakat di beberapa daerah seperti misalnya Amerika Selatan, Amerika Tengah, sebagian penduduk Afrika, serta beberapa daerah di Indonesia. Selain sebagai makanan pokok, jagung juga sering digunakan sebagai salah satu komponen yang sangat penting pada pakan ternak.

Tanaman jagung sendiri diperkirakan berasal dari Amerika Tengah yang mana kemudian menyebar ke seluruh dunia, tanaman jagung masuk ke Nusantara pada sekitar abad ke-16 oleh penjelajah dari Portugis sehingga jenis tanaman yang satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Selain sebagai bahan pangan, tanaman jagung juga biasa dimanfaatkan pada industri kosmetik, farmasi, serta kimia. Tanaman jagung juga ternyata memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi manusia, berikut ini ulasannya.

5 Manfaat Sayur Jagung Yang Sangat Luar Biasa

  1. Sumber Kalori

Manfaat jagung yang pertama adalah sebagai sumber kalori karena jagung memang memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga dijadikan sebagai makanan pokok di beberapa daerah. Perlu Anda ketahui bahwa jagung memiliki kandungan kalori sebanyak 342 kalori per 100 gram, hal ini membuat jagung menjadi jenis makanan pilihan bagi yang ingin meningkatkan berat badannya dengan cepat.

  1. Mengurangi Resiko Wasir

Manfaat kedua yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi jagung adalah bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit wasir atau ambeyen, jagung sendiri termasuk dalam salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi satu cangkir jagung setiap hari maka akan mampu memenuhi kebutuhan serat pada tubuh sehingga akan mencegah penyakit wasir.

  1. Sumber Vitamin

Manfaat jagung yang ketiga yakni sebagai sumber vitamin yang sangat baik bagi tubuh, perlu Anda ketahui bahwa jagung memiliki kandungan berbagai macam vitamin seperti misalnya vitamin B yang sangat penting untuk menjaga kesehatan syaraf serta fungsi kognitif. Selain itu jagung juga sangat kaya akan kandungan vitamin E yang mana merupakan antioksidan alami bagi perlindungan tubuh.

 

  1. Sumber Mineral

Selain sebagai sumber vitamin, jagung juga menjadi salah satu sumber mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Jagung ternyata memiliki berbagai macam kandungan mineral dalam jumlah yang cukup tinggi seperti misalnya fosfor, magnesium, zat besi, seng, dan tembaga yang akan sangat baik untuk menjaga fungsi ginjal, menjaga kesehatan jantung, dan sebagainya.

  1. Antioksidan

Manfaat jagung yang kelima adalah sebagai antioksidan bagi tubuh, hal ini dikarenakan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Cornell University menunjukkan bahwa jagung sangat kaya akan kandungan antioksidan yang mana akan berperan penting dalam melawan radikal bebas. Selain itu kandungan antioksidan pada jagung juga akan mampu untuk mencegah terjadinya kanker.

Jagung yang menjadi salah satu makanan pokok di beberapa daerah ternyata memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti yang telah diulas di atas.