5 Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sayur Genjer

5 Manfaat Sayur Genjer dan Nutrisinya – Genjer atau dikenal juga sebagai paku rawan merupakan salah satu jenis tumbuhan rawa yang banyak tumbuh di daerah persawahan atau di perairan yang dangkal. Pada umumnya tanaman yang satu ini tumbuh bersama dengan tumbuhan eceng gondok, jenis tumbuhan ini juga biasa dijadikan sebagai bahan masakan yang bisa Anda temui di meja makan. Meskipun memiliki manfaat sebagai salah satu bahan pangan, namun genjer juga bisa menjadi gulma jika tumbuh secara tidak terkendali di persawahan.

Tumbuhan genjer sendiri bisa mencapai ketinggian hingga setengah meter dan sangat mudah Anda temukan di perairan dangkal seperti misalnya persawahan ataupun rawa, tanaman ini memiliki rimpang yang tebal dan tegak, tidak terapung (terbenam dalam lumpur), tangkai yang panjang dan berlubang, bunga yang berwarna kuning, sertadaun yang miring. Genjer pada umumnya tidak dibudidayakan secara intensif karena tumbuh dengan liar, selain itu ternyata genjer juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, berikut ini ulasannya.

5 Manfaat Sayur Genjer dan Nutrisinya

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Sayur genjer termasuk dalam kategori sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A yang mana seperti Anda ketahui bahwa vitamin A ini sangatlah baik bagi kesehatan mata. Vitamin A ini juga akan mampu menghindarkan Anda dari berbagai gangguan kesehatan mata seperti mata minus ataupun silinder, selain itu jika dikonsumsi secara rutin maka sayur genjer juga akan bisa mencegah terjadinya penyakit katarak.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Seperti halnya sayuran lainnya, sayur genjer juga memiliki kandungan serat dan juga air yang sangat tinggi. Hal ini tentu saja akan mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh Anda. Apabila Anda sering mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar maka Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur genjer secara rutin setiap hari dengan porsi yang cukup.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat sayur genjer yang ketiga adalah mampu untuk menjaga kesehatan kulit, perlu Anda ketahui bahwa sayur genjer memiliki kandungan beta karoten yang cukup tinggi. Kandungan beta karoten yang ada di dalam sayur genjer ini memiliki peran yang sangat penting untuk melawan radikal bebas. Selain itu sayur genjer juga bisa mencegah terjadinya kanker kulit dan juga penuaan dini.

 

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Sayur genjer juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yakni kurang lebih sebanyak 54 mg di dalam 100 gram sayur genjer. Apabila Anda mengkonsumsi sayur genjer dalam porsi yang tepat secara rutin maka hal tersebut akan mencukupi kebutuhan tubuh akan asupan vitamin C yang mana tentu saja akan mampu untuk meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Sayur genjer ternyata juga kaya akan kandungan kalsium, fosfor, serta zat besi yang mana merupakan unsur makro yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membentuk dan juga menjaga kesehatan tulang. Oleh karena itulah maka anak – anak dan orang yang telah berusia lanjut sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayur genjer sehingga tulang mereka tetap sehat dan juga bisa mencegah pengeroposan tulang.

Sayur genjer yang biasa diolah untuk membuat berbagai macam masakan ternyata memiliki berbagai macam khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.