Ahmad Zaki Bertemu Dengan Anies Baswedan Untuk Melanjutkan Kerjasama Penyediaan Air Bersih

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk melanjutkan kerja sama penyediaan air bersih. Kepada Bupati Tangerang, Anies mengatakan dirinya adalah abdi negara yang harus melayani semua warga Indonesia.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan air minum bagi warga, Pemprov DKI Jakarta sepakat melanjutkan kerjasama penyediaan air minum dengan Pemkab Tangerang melalui PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) untuk 20 tahun ke depan.  Atas nama warga Jakarta, saya mengucapkan terima kasih atas suplai air yang dikirimkan Tangerang untuk warga Jakarta.

Semua kota dimulai dari adanya air. Di Jakarta memang ada sungai, tetapi kita membutuhkan pasokan air yang teratur dan terjamin, karena itu pengelolaannya kolektif dan dikerjakan pemerintah melalui badan usaha.

20 tahun nampaknya panjang, tapi bagi pembangunan sebuah kota itu pendek. Karena air adalah kebutuhan berkelanjutan. Saya berharap pikirkanlah pengelolaan air ini untuk generasi ke depan, saya juga berharap kepada SKPD terkait untuk membuat langkah ke depan berdasar pada MoU yang ditandatangani sebagai tonggak terobosan baru.

“Kami kebetulan hari ini adalah hari Selasa yang seragamnya saya dan Pak Bupati sama. Ini untuk mengirimkan pesan kepada semua bahwa kami ini adalah abdi untuk warga negara Indonesia di mana pun lokasi kabupaten dan provinsinya. Tidak boleh kami membedakan,” kata Anies, yang mengenakan baju seragam yang sama dengan Bupati Tangerang, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2018).

Anies mengatakan, sebagai pegawai negeri sipil (PNS), ia harus melayani semua warga. Dia mengatakan akan melayani semua warga negara tanpa membeda-bedakan asal wilayah mereka.

“Secara administratif, pemerintah dibagi, tapi bagi rakyat, bagi rakyat tidak ada bedanya. Saya adalah orang Indonesia, saya adalah warga Indonesia dan saya perlu mendapatkan pelayanan yang sama,” terangnya.

Anies kemudian membahas penyediaan air bersih yang perlu dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Anies menuturkan pengelolaan air bersih sangat penting untuk generasi berikutnya.

“Saya berharap kepada semua yang terlibat di dalam implementasi kerja sama ini jangan hanya memikirkan tentang hari ini, tahun depan. Tapi pikirkanlah pengelolaan air ini untuk generasi ke depan,” paparnya.