Airlangga Hartarto Dijadwalkan Hari Ini Hadiri Ratas Di Kantor RI Satu

Jakarta, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama beberapa Menteri Kabinet kerja akan mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) Pimpinan Presiden di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (5/1/2018).

Ratas yang akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo akan akan membahas Perkembangan Kebijakan Satu Peta.

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan penyelelesaian integrasi kebijakan satu peta selesai di tahun 2018. Kebijakan ini merupakan arahan langsung Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta (KSP) pada Tingkat Ketelitian Peta Skala 1:50.000.

Kebijakan Satu Peta merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan investasi di tanah air. Maka dari itu, dukungan ketersediaan data termasuk Informasi Geospasial Tematik diperlukan dalam menumbuhkan nilai kompetitif iklim investasi dan menjamin kepastian hukum.

Adapun lingkup kegiatan Kebijakan Satu Peta meliputi 85 tema Informasi Geospasial Tematik dengan fokus untuk tahun 2018 adalah Pulau Jawa, Maluku dan Papua. Sementara untuk Pulau Kalimantan telah selesai di tahun 2016 dan Pulau Sumatera Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara tahun 2017.

Nantinya seluruh peta yang dibuat harus terintegrasi dengan peta rupa bumi yang dikeluarkan oleh Badan Informasi Geospasial. Proses kompilasi dan integrasi Informasi Geospasial Tematik akan dilakukan mellaui proses klinik daerah, sedangkan verifikasi final akan difasilitasi pada klinik pusat yang dimulai April tahun ini.

 

 

Sumber : industry.co.id