Bupati Serang Asal Golkar Berbicara Program Pembangunan di UI

Tatu Golkar

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah diundang secara khusus oleh Universitas Indonesia (UI) dalam kegiatan Festival Pengabdian Kepada Masyarakat, di Balairung Kampus UI, Depok, Selasa (7/11/2017). Bahkan Tatu menjadi satu-satunya kepala daerah tingkat kabupaten/kota dari Banten yang diberi kesempatan menjadi pembicara pada seminar tersebut.

Dikatakan Tatu, dirinya mengaku bangga diberikan kesempatan untuk memaparkan program pembangunan yang dilakukannya dihadapan akademisi UI, para pengusaha, pihak BUMN dan mahasiswa.“Bahkan dari kesempatan ini, kami akan terus lanjutkan kerja sama dengan UI. Insya Allah 29 November nanti ada penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Serang dengan UI,” ujarnya, Selasa (7/11/2017).

Tatu yang juga merupakan Ketua DPD 2 Golkar Kabupaten Serang ini mengungkapkan berbagai program pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Mulai dari beasiswa siswa miskin, optimalisasi kader posyandu, sinergi pembangunan RTLH, hingga pengembangan UMKM. Termasuk soal persampahan. “Kerjasama dengan UI nanti juga dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi,” katanya. Hal ini menjadi implikasi positif bagi kedua belah pihak, bisa dikatakan sebagai sebuah kerjasama yang saling menguntungkan, bagaimana kelak, Kabupaten Serang dapat membangun berdasar kajian yang sudah dirumuskan bersama Universitas Indonesia, sehingga dapat efektif menyentuh berbagai persoalan dan sector.

Sementara itu, Pengarah Festival Pengabdian Kepada Masyarakat dari UI, Wakil Rektor III Bidang Riset dan Inovasi Univesitas Indonesia, Rosari Saleh mengatakan, acara tersebut merupakan salah satu wujud nyata Universitas Indonesia menjalin hubungan Quarto Helix dengan berbagai stateholders pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta untuk mengoptimalkan fungsi semua lini dalam mengabdikan diri pada masyarakat. “Kita bangun jembatan bersama untuk mengumpulkan sinergi kemampuan ilmu, kebijakan, dan pendanaan bagi sebaik-baiknya program yang berguna untuk masyarakat,” kata Rosari.

Festival yang terbuka untuk masyarakat luas ini juga diisi pameran dari berbagai fakultas, produk inovasi dari Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis UI, BUMN, LSM dan lembaga pemerintah. Pada kesempatan tersebut, Bupati Serang dipanel dengan narasumber lain, diantaranya Dirjen PSLB3 Kementerian LHK Karliyansyah. Hal ini juga diharapkan dapat memberikan high impact terhadap signifikansi pembangunan di Kabupaten Serang.