Bupati Serang Semarakkan Gerakan Sadar Lingkungan Bersama Penyuluh Pertanian

ratutatugolkar

Dalam rangka membangkitkan gerakan sadar lingkungan, Pemerintah Kabupaten Serang yang dipimpin oleh Ratu Tatu Chasanah menggelar upacara Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia dan Hari Lahir Pancasila di halaman Pendopo Bupati Serang, pada hari Senin lalu.

Pada kesempatan ini, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah yang juga merupakan Ketua DPD 1 Partai Golkar Provinsi Banten, mengangkat status kepegawaian 62 orang tenaga harian lepas-tenaga bantu (THL-TB) penyuluh pertanian menjadi pegawai negeri (PNS).

“DenganĀ  SK pengangkatan status kepegawaian ini, diharapkan dapat membantu dan membuat mereka semakin semangat dalam bekerja,” jelas Ratu Tatu, saat ditemui usai upacara.

Tatu Chasanah berharap pula agar para penyuluh terus mendampingi para petani dan bekerjasama dengan para petani. “Kita berharap para penyuluh melakukan pendampingan, mengatasi masalah yang dihadapi petani dan mencarikan solusi-solusinya, sehingga nanti pemerintah dapat memetakan permasalahan pertanian di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Diterangkan juga oleh Tatu, saat ini, satu orang penyuluh pertanian di Kabupaten Serang menangani beberapa desa sekaligus, sehingga tidak tertangani dengan baik dan kinerja menjadi tidak optimal. Kalau dulu, satu desa satu orang, namun saat ini hanya beberapa orang untuk menangani 360 desa.

“Nanti ditempatkannya oleh kepala Dinas Pertanian. Semoga yang belum diangkat status kepegawaiannya bisa bersabar menunggu pengangkatan selanjutnya,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM, Kabupaten Serang Entus Mahmud, mengungkapkan, mereka resmi sebagai CPNS setelah dinyatakan lulus seleksi oleh Kementerian Pertanian. Dikatakan, Entus, jumlah THL penyuluh pertanian di Kabupaten Serang sebanyak 96 orang dan yang lulus seleksi sebanyak 62 orang, yang tidak lulus pun dikarenakan faktor usia.

“Dari 96 penyuluh, yang lulus seleksi 62. Sisanya yang tidak lulus ini karena faktor usia, lebih dari 35 tahun,” ujarnya.

Dengan demikian, semarak dan semangat untuk gerakan sadar lingkungan dapat meningkat. Pasalnya terdapat kepastian dalam status kepegawaian yang membuat para penyuluh pertanian merasa aman dan nyaman dalam bekerja.

Kabupaten Serang yang juga merupakan salah satu lumbung padi nasional berharap mengenai peningkatan produktifitas hasil panen padi. Apalagi dengan keberadaan penyuluh pertanian ini, sehingga potensi akan gagal panen atau kesalahan lainnya dapat segera teratasi.