Calon Walikota Cirebon Bamunas Setiawan Sebut Kota Cirebon Memiliki Daya Tarik Wisatawan

Kota Cirebon memiliki daya tarik bagi wisatawan. Bila dikembangkan, akan semakin pesat perkembangan pariwisata di Kota Cirebon.

Hal itu diungkapkan Bamunas Setiawan Boediman ketika berkunjung ke Sekretariat Laskar Macan Ali di Kamis (22/2) malam. Bamunas berharap sektor pariwisata dan budaya menjadi lebih baik.

Dengan sentuhan yang tepat, menjadi kota pariwisata bukan hal yang tidak mungkin. “Potensi sebenarnya sudah ada, tinggal sedikit sentuhan dunia pariwisata Kota Cirebon akan berkembang,“ ungkapnya.

Tiga keraton dan Goa Sunyaragi, kata dia, sebetulnya sudah menjadi destinasi yang mampu menarik wisatawan. Tetapi tetap perlu ada beberapa upaya untuk membuat obyek wisata yang sudah ada menjadi lebih kuat daya tariknya.

Dia menyebut, Yogyakarta dengan satu keraton sudah bisa meraih kunjungan wisata yang demikian besar. Seharusnya Kota Cirebon dengan jumlah keraton yang lebih dari satu dan beragam keunikannya, bisa setidaknya menyamai kota gudeg.

Daya tarik lain ialah 70 situs yang luput dari ekspos ke publik. Ke depan apabila dirinya diberikan mandat warga untuk memimpin Kota Cirebon, sudah menjadi kewajiban dirinya untuk melestarikan hal tersebut. Untuk menjaga kelestarian budaya di butuhkan keterlibatan kaum muda yang turut aktif dan terjun langsung kepada kegiatan budaya.

Hal itu sudah menjadi sebuah keharusan. Tinggal bagaimana agar kaum muda juga tertarik terhadap nilai-nilai budaya. “Budaya adalah aset yang kita miliki,” tuturnya.

Aktivis Laskar Macan Ali, Prabu Diaz Mahadewa mengaku terkejut dengan kehadiran Bamunas di kesekretariatannya. Sebab tidak ada pemberitahuan untuk kehadiran salah satu calon walikota Cirebon tersebut.

Tapi, dia sudah tidak asing dengan sosok Bamunas, karena salah satu inisiator bangkitnya kembali Laskar Agung Macan Ali Nusantara. “Macan ali tetap fokus menjaga budaya. Kami berharap kepada semua pihak terus menjaga kelestarian budaya Cirebon,” tandasnya.

Masih kata dia, pihaknya berharap Bamunas dapat menjaga marwah leluhur di mana terdapat 44 amanah salah satunya titip tajug lan fakir miskin.

 

Sumber : radarcirebon.com