Cawalkot Serang Dari Golkar Diunggulkan Oleh LSI

Vera Zaman

LSI (Lingkar Survei Indonesia) menggelar hasil survei bakal calon walikota dan wakil walikota Serang 2018 di salah satu hotel di Kota Serang, Rabu (27/9/2017). Dalam survei ini LSI digandeng oleh Partai Demokrat untuk merilis hasil survey Pilkada Kota Serang 2018.

Ardian Sopa, Peneliti LSI mengatakan hasil survei tersebut dengan pengumpulan data pada 11-16 September 2017 dan menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah 440 responden dan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner dan margin erornya kurang lebih 4,8 persen.

Hasilnya, dari segi popularitas Vera Nurlaela Jaman di urutan pertama dengan nilai 72,4 persen, yang kedua Nuraeni 54,5 persen, ketiga Wahyudin Djahidi 36,0 persen, Subadri Usuludin 28,9 persen, Ranta Soeharta 25,2 persen, Amanudin Toha 17,4 persen, Lalu Athaussalam Rais 17,0 persen dan Yhannu Setiyawan 8,7 persen.

Selain dari tingkat popularitas Vera Nurlaela Jaman juga unggul jika tim survei menggunakan pertanyaan terbuka pada responden. Vera unggul dengan nilai 12,5 persen sedangkan responden yang tidak menjawab atau rahasia dengan nilai 60,9 persen.

“Lagi-lagi Vera di responden terbuka yakni Vera lebih unggul dari kandidat lainnya dengan nilai 12,5 persen. Di urutan kedua ada Ibu Nuraeni 6,4 persen, ketiga Subadri 5,3 persen, keempat Ranta 2,9 persen, Lalu 2,9 persen, Wahyudin 2,7 persen, Amanudin Toha 1,6 persen dan lainnya 4,8 persen. Sedangkan yang jawab rahasia atau belum memutuskan ada 60,9 persen,” katanya.

Dari delapan calon yang mengembalikan formulir ke Demokrat, hanya tiga orang yang hadir langsung menyaksikan hasil survei. Di antaranya Lalu Attarusalam, Vera Nurlaela Jaman, Nuraeni, sementara lainnya dihadiri oleh perwakilan masing-masing bacalon pilkada Serang 2018.

Vera Nurlaela Jaman sendiri merupakan istri dari Walikota Serang incumbent, Tubagus Haerul Jaman yang adalah kader Golkar tulen. Vera maju sebagai Cawalkot Serang setelah diusung oleh Partai Golkar, Partai Demokrat, PKB, dan PKPI. Dengan menghimpun koalisi Serang Cantik Vera Nurlaela diyakini akan memenangkan Pilkada Kota Serang secara mudah.