Dedi Mulyadi Larang Warga Lingkar Barat Untuk Jual Tanah

Menjelang berakhirnya masa kepemimpinan sebagai bupati di Kabupaten Purwakarta, Dedi Mulyadi bertekad akan merampungkan jalur lingkar barat yang belum selesai sepenuhnya.

Bakal calon Gubernur Jabar dari Partai Golkar ini menjelaskan anggaran pada tahun 2017 masih kurang untuk membeton 11 kilometer jalan dan tiga jembatan di Jalur Lingkar Barat itu. Oleh karena itu, dia kembali menganggarkan kebutuhan dananya di APBD Pemkab Purwakarta tahun 2018 untuk menyelesaikan jalan tersebut.

“Perlu Rp 75 milyar, nah sudah teralokasikan Rp 45 miliar jadi kurang Rp 30 miliar lagi. Saya optimis bisa selesai,” kata Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, di rumah dinasnya, Kamis (4/1/2018).

Bahkan, ia mengatakan meski telah tidak menjadi bupati, pihaknya akan membantu mendapatkan alokasi anggaran yang kurang.

Karena APBD yang pas-pasan, alokasi tersebut akan diupayakan oleh Pemkab Purwakarta agar mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Oleh karena itu, ketua DPD partai Golkar Jabar ini mengharapkan bisa meresmikan Jalur tersebut sebelum dirinya lengser dari jabatan Bupati Purwakarta.

“Tahun sekarang (2018) sudah bisa selesai. Pekerjaannya sudah beres, tinggal beton saja dan pasang 3 jembatan,” ucapnya menjelaskan.

Diketahui, Jalan Lingkar Barat itu adalah jalur penghubung Kabupaten Purwakarta dengan dua Kabupaten lainnya yang berdekatan. Adanya jalan ini bisa digunakan warga untuk mencapai wilayah Kabupaten Bogor dan Cianjur melalui darat. Di sekitar jalan tersebut pun ada tempat wisata yang cukup indah.

Di Kecamatan Sukasari memiliki tempat wisata Curug Tilu Purwakarta, yang telah mulai dikenal oleh masyarakat luas. Padahal sebelumnya, daerah tersebut termasuk daerah terpencil dan tidak banyak diketahui selama puluhan tahun.

Jalan Lingkar Barat ini diketahui melintasi 3 kecamatan yang sebelumnya sulit terjangkau menggunakan jalur darat. Kecamatan tersebut ialah Kecamatan Sukasari, Kecamatan Maniis dan Kecamatan Tegalwaru yang berbatasan langsung dengan kabupaten tetangga.

 

Sumber : Tribunnews