Dijagokan Dedi Mulyadi Sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ilham Permana Pede

Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 9 pasal 68 ayat 1 dan nomor 12 tahun 2015 maka Calon Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah yang bersratus anggota DPRD, DPR RI, PNS,TNI, Polri, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang mencalonkan diri dari daerah lain wajib mengundurkan diri dari jabatannya secara tertulis kepada pimpinannya dan KPUD sebelum pendaftaran pasangan calon.

Melihat lowongnya kursi Ketua DPRD Kabupaten Bogor ini, tiga nama anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi Golkar digadang-gadang menjadi calon kuat pengganti Jaro Ade, yaitu Ahmad Tohawi, Wawan Haikal dan Ilham Permana.

Tiga calon kuat diatas sendiri mempunyai keunggulan masing-masing seperti Ahmad Tohawi yang saat ini menjadi Ketua Fraksi Golkar dan Bendahara DPD II Partai Golkar Kabupaten Bogor. Wawan Haikal yang merupakan tokoh Bogor Selatan saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD sedangkan Ilham Permana selain menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPRD, Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Jawa Barat juga diketahui sangat dekat dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Ahmad Tohawi sendiri nampak malu-malu menanggapi pertanyaan siapa pengganti Jaro Ade menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor. Pria asli Ciseeng ini berkomentar siap menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bogor apabila diperintahkan oleh Partai Golkar.

“Saya belum mau banyak komentar, yang jelas sebagai kader Saya siap ditempatkan dimanapun apabila partai memerintahkan Saya, termasuk menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor,” singkat Ahmad Tohawi kepada wartawan, Minggu (7/1).

Senada dengan Ahmad Tohawi, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Wawam Haikal juga enggan berkomentar banyak dan lebih menyerahkan hal ini ke Ketua Fraksi Golkar Ahmad Tohawi.

“Ebggak, Saya belum siap dan ga mau mencalonkan diri menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor memggantikan Jaro Ade. Termasuk jika Partai Golkar memerintahkan Saya,” kata Wawan Haikal.

Sementara Ilham Permana yang telah diketahui kalangan internal Golkar memiliki peran signifikan dalam memenangkan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum DPP Golkar, punya kans besar mendapat restu DPD I Jawa Barat dan DPP Partai Golkar menjadi Ketua DPRD.

“Kalau itu tafsiran teman-teman silakan, buat Saya yang terpenting adalah membesarkan Partai Golkar dan mempertahankan kemenangan partai di ajang pemilu baik di tahun 2018 maupun tahun 2019. Namun jika DPP merestui Saya menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Saya siap mengemban amanah tersebut,” ucap Ilham Permana.

Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat sekaligus Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi lebih mendukung Ilham Permana menjadi Calon Ketua DPRD Kabupaten Bogor menggantikan Jaro Ade.

Menurut Bupati Purwakarta ini sosok Ilham Permana merupakan kader muda potensial yang dimiliki Golkar baik di wilayah Kabupaten Bogor maupun Provinsi Jawa Barat.

“Meskipun Partai Golkar memiliki kader muda yang potensial di Bogor dan Jawa Barat yakni Ilham Permana, namun Kita harus memenuhi mekanisme internal partai yang harus ditempuh baik ditingkat DPD maupun DPP Partai Golkar untuk menentukan siapa yang akan menjabat sebagai Ketua DPRD tersebut,” kata Dedi Mulyadi.

Menurut Dedi, Kursi Ketua DPRD Kabupaten Bogor sebaiknya diemban oleh kader muda sebagai bagian dari kaderisasi kepemimpinan Partai Golkar baik di tingkat kabupaten, Kota maupun Provinsi Jawa Barat.

“Saya mendukung kaderisasi Partai Golkar dan kebetulan Kabupaten Bogor memiliki Ilham Permana hingga wajar saja kalau dirinya maju jabatannya dari Wakil Ketua Komisi II menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor,” tambahnya

Pengamat politik Yusfitriadi berpendapat pemilihan Ketua DPRD Kabupaten Bogor harus sesuai mekanisme atau konsitusional Partai Golkar mulai dari DPD hingga DPP.

“Penunjukan siapa pengganti Jaro Ade di posisi Ketua DPRD Kabupaten Bogor harus melalui rapat internal baik itu di DPD maupun DPP Partai Golkar. Menurut Saya ketiga calon diatas sama kuat meskipun bisa saja ada bergaining kepentingan politik didalamnya,” tandas Yusfitriadi.

Sumber : InilahKoran