DPD Golkar Jabar Siap Menangkan RK-Daniel

ridwan kamil Golkar

DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat (Golkar Jabar) akan mengambil surat keputusan (SK) pengusungan Ridwan Kamil (Emil) di Pemilu Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018. Menurut Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar MQ Iswara, pada Kamis (9/11) ini pihaknya akan mengambil SK tersebut ke kantor DPP Partai Golkar di Jakarta termasuk juga Dedi Mulyadi.

“Ya besok semua pengurus DPD Jabar akan ke DPP mengambil SK,” ujar Iswara kepada wartawan di Bandung, Rabu (8/11).

Menurut Iswara, DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat sudah menerima pengusungan Emil. Bahkan, Dedi Mulyadi pun sudah legawa dalam menyikapi hal ini. “Kami memuji kenegarawanan Pak Dedi Mulyadi,” katanya. Hal ini juga sekaligus menyudahi polemik dan konflik yang terjadi pasca Golkar memutuskan mendukung Ridwan Kamil.

Saat ditanya tentang adanya penolakan terhadap Emil di arus bawah, ia tidak menampiknya. Karena, desakan itu sikap spontan yang masih ditunjukkan kader di akar rumput. “Mohon dipahami,” katanya. Memang hal tersebut wajar terjadi dan murni adalah sebuah gerakan spontan dari kader akar rumput.

Iswara mengaku, hingga saat ini pihaknya belum berkomunikasi dengan Emil. Namun, Iswara memastikan pengusungan partainya akan penuh jika Emil menjadikan kader Golkar sebagai calon wakil gubernurnya, yakni Daniel Mutaqien.

Iswara pun menjamin, mesin partai akan solid memenangkan Emil jika didampingi oleh Daniel Mutaqien. Karena, Golkar memiliki banyak kepala daerah dan anggota dewan di kabupaten/kota dan Provinsi Jabar. Sebagai pemenang kedua pada Pemilu 2014 silam, memang mesin politik Golkar tidak dapat dipandang sebelah mata. Sudah mengakar hingga desa-desa.

Iswara pun optimistis, Daniel mampu menambal lemahnya popularitas dan elektabilitas Emil di kawasan utara Jawa Barat (Pantura). Karena, Daniel sudah beberapa kali terpilih menjadi anggota dewan yang suaranya cukup banyak. “Kami berharap Daniel dipilih sebagai calon wakil Kang Emil,” katanya.

Memang pada beberapa rilis survey yang diadakan lembaga survey mengatakan bahwa, popularitas dan elektabilitas Emil di kawasan Pantura tidak terlalu tinggi. Dengan Daniel Muttaqien sebagai pendampingnya akan melengkapi apa yang kurang dari Emil ini.

Merunut pada pengambilan SK DPP perihal keputusan pengusungan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar, rencananya Dedi Mulyadi yang akan menyerahkan langsung kepada Ridwan Kamil SK tersebut. Dan ini adalah budaya yang sangat baik bagi perpolitikan nasional maupun daerah. Golkar mencontohkan dengan elegan pada peristiwa Pilkada Jabar kali ini.