Fungsionaris Golkar Apresiasi Kinerja Bidang Lingkungan Pemprov DKI

RPTRA Sungai Bambu

Fungsionaris Golkar yang juga merupakan tokoh muda Golkar; Achmad Annama Chayat mengapresiasi upaya institusi Kelurahan Sungai Bambu menghijaukan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Sungai Bambu dengan melakukan penanaman puluhan pohon. “Bagus, daerah itu memang gersang dan panas, pohonnya masih sedikit. Dengan upaya penghijauan ini, lingkungan akan semakin sejuk dan rindang sehingga nyaman untuk bermain anak dan keluarga, penanaman pohon tersebut juga berimplikasi baik terhadap kehidupan, untuk anak cucu kita juga nantinya,” kata Annama.

Menurut Tenaga Ahli Mahyudin, Wakil Ketua MPR ini kedepannya masyarakat maupun perusahaan yang berada dekat lokasi diharapkan mau berpartisipasi melakukan hal yang sama. “Apa yang dilakukan kelurahan ini merupakan sebuah rintisan untuk dicontoh. Harapannya, kedepan masyarakat mau ikut aktif gotong royong dan perusahaan tak segan-segan menyalurkan dana CSR untuk keasrian lingkungan, untuk sama-sama menjadikan kawasan ini hijau royo-royo” ujar Annama.

Pengurus DPP Partai Golkar ini yakin bila dilakukan secara bersama-sama dan berkelanjutan, upaya penghijauan di kelurahan Sungai Bambu, Tanjung Priok ini akan terasa ringan. Apalagi, menurut Annama, daerah Tanjung Priok identik dengan daerah laut dan pesisir yang udaranya sangat panas sehingga urgent sekali untuk diadakan penghijauan di lingkungan masyarakat. “Tanjung Priok ini panas, karena terletak di pinggir pantai. Karenanya harus diimbangi dengan penghijauan yang berkelanjutan.” Pungkas Annama.

Sebelumnya, Sabtu (11/11/17) Lurah Sungai Bambu; Sumarno beserta jajarannya melakukan penanaman 50 pohon di kawasan RPTRA Sungai Bambu, Tanjung Priok. Sumarno menyebutkan kegiatan ini adalah partisipasi pemerintah kota Jakarta Utara untuk mendukung program penghijauan dan penanaman sejuta pohon di Jakarta.

Annama juga berharap kegiatan atau program penanaman pohon ini tidak dilakukan hanya untuk satu kali. Tapi bisa dilakukan di banyak tempat dan secara berkelanjutan. Jakarta ini butuh banyak penghijauan untuk menyeimbangkan kelestarian lingkungan. “Jakarta kan banyak polusi akibat aktifitas kendaraan yang seakan tanpa henti, apalagi dunia secara global sedang diterpa isu pemanasan global, karena itu, penting bagi kita melakukan upaya penghijauan dari lingkungan terkecil. Apa yang dilakukan oleh kelurahan Sungai Bambu dapat menjadi contoh baik bagi tempat lain nantinya,” tutup Achmad Annama Chayat.