Ini Lho, Prestasi Kader-Kader Golkar yang Menjadi Kepala Daerah

airin golkar dan penghargaan

Pada polemik kepartaian yang terjadi akhir-akhir ini pada Partai Golkar, tampaknya hal tersebut tidak terlalu banyak mempengaruhi prestasi kader-kader Partai Golkar di daerah. Beberapa figur kader partai berlambang pohon beringin ini diganjar berbagai penghargaan pada skala nasional.

Diantaranya adalah Walikota Bekasi yang juga Ketua DPD 2 Partai Golkar Kota Bekasi, Rahmat Effendi. Airin Rachmy Diani yang juga sebagai Ketua DPD 2 Partai Golkar Kota Tangerang Selatan mendapatkan penghargaan terkait kepemimpinan di daerahnya. Ada juga nama Ratu Tatu Chasanah yang merupakan Ketua DPD 1 Golkar Banten ikut menambah deretan kader berprestasi dalam memimpin daerahnya.

Rahmat Effendi berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori Kota Peduli HAM untuk Kota Bekasi. Saat ditemui usai menerima penghargaan, Walikota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan bahwa Kota Bekasi dianggap telah mampu memenuhi beberapa kriteria tersebut. Di antaranya adalah hak atas kesehatan, perumahan layak, serta hak atas lingkungan berkelanjutan.

“Penghargaan itu akan dijadikan motivasi agar pemerintah Kota Bekasi lebih melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM,” jelasnya.

“Ada tiga predikat untuk kota di Indonesia, yakni sangat peduli, peduli dan kurang peduli. Kota Bekasi masuk dalam kategori peduli. Penghargaan itu lantaran, Kota Bekasi dinilai berhasil membangun kesadaran masyarakat akan produk-produk hukum. Penilaian kriteria Kota Peduli HAM ini diukur berdasarkan indikator struktur, proses dan hasil,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabupaten Serang di bawah kepemimpinan Tatu dan Wakil Bupati Pandji Tirtayasa meraih penghargaan kategori Peduli HAM atas terpenuhinya hak atas kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, serta rumah layak huni di wilayah tersebut. Setelah sebelumnya tim dari Kemenkumham memberikan penilaian dengan mendatangi setiap kota/kabupaten.

Tatu mengatakan, pemenuhan HAM sejalan dengan konsentrasi kebijakan Pemkab yang fokus pada pelayanan dasar. Yakni, peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Indeks ini, dijelaskan Tatu, merupakan kumulatif dari indikator pelayanan kesehatan, pendidikan, dan daya beli masyarakat. “Upaya kami dalam meningkatkan IPM tentu saja dalam rangka pemenuhan HAM untuk masyarakat Kabupaten Serang,” tegas Ketua DPD 1 Golkar Banten tersebut.

Pada kesempatan yang berbeda, Airin Rachmy Diani yang merupakan Ketua DPD 2 Golkar Kota Tangerang Selatan juga menerima penghargaan. Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih piala dan delapan penghargaan atas konsistensi penerapan konsep pemerintahan berbasis teknologi. Penghargaan itu didapat dari Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) ITB untuk kategori Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla kepada Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, dan 15 kota terbaik yang masuk dalam kategori utama “Rating Kota Cerdas Indonesia” (RKCI) 2017, yaitu Rating Kota Menuju Cerdas (Smart City).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden, Jusuf Kalla menekankan pentingnya pelaksanaan program kerja pemerintah daerah yang smart.”Dibanding sistem, sistem itu hanya tools. Hasil yang akan dinikmati adalah output-nya apa,” tegas Wapres Jusuf Kalla di Istana Negara Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta.

Airin menjelaskan, Tangsel mendapatkan piala dari Wapres, dan 8 penghargaan dengan kategori penghargaan yakni Rating Ekosistem Kompetitif, Rating Keamanan dan Kebencanaan Kora (Safe & Secure Cities), Rating Lingkungan Cerdas (Smart Environment),Rating Mobility (Smart Mobility), Rating Ekosistem Teknologi Finansial, Rating Ekonomi Cerdas (Smart Economy), Rating Sosial Cerdas (Smart Social), Rating Ekosistem Inovasi.

“Saya sangat bersyukur, kerja keras ini meletakan Tangsel menjadi  smart city membuahkan hasil. Penghargaan ini akan terus menjadi memotivasi kami untuk memberikan yang terbaik untuk Tangsel,” ujar Walikota Tangsel yang juga merupakan Ketua DPD 2 Golkar Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany.