Januari 2018, Politisi Golkar Resmi Dilantik Jadi Ketua DPRD Kota Serang Ganti Subadri

Setelah sebulan lebih rapat paripurna pencopotan Subadri Usuludin sebagai Ketua DPRD Kota Serang digelar, akhirnya kemarin Surat Keputusan Gubernur Banten terkait pergantian ketua dewan itu sudah diterima DPRD Kota Serang. Surat dengan nomor 171.2/Kep.473-Huk/2017 tentang Peresmian Pengangkatan Namin sebagai Pengganti Antar Waktu Ketua DPRD Kota Serang Sisa Masa Jabatan Tahun 2014-2019 itu ditetapkan Gubernur Banten Wahidin Halim pada 15 Desember kemarin.

Diketahui, rapat paripurna pencopotan Subadri dilakukan pada 9 November lalu. Kemudian, pada 14 November, Walikota Serang tentang usulan pemberhentian Subadri dan peresmian pengangkatan calon pengganti Ketua DPRD hasil Pemilu 2014 disampaikan ke Gubernur.

Namin mengaku baru menerima surat itu kemarin. “Kalau fisiknya baru hari ini (kemarin-red), tapi infonya sejak kemarin (kemarin lusa-red),” kata Namin di ruang Fraksi Golkar DPRD Kota Serang, Kamis (21/12/2017).
Kata dia, dengan adanya SK ini, DPRD akan menggelar banmus untuk menentukan waktu pelaksanaan pengambilan janji dan sumpahnya ia sebagai ketua dewan. Pelaksanaan banmus sendiri akan dihelat setelah masa reses dewan selesai.

“Kemungkinan Januari nanti,” ujarnya.
Dengan akan dilantiknya Namin sebagai ketua dewan, DPD Partai Golkar Kota Serang juga melakukan perombakan susunan pengurus fraksi. Namin yang sebelumnya Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Serang digantikan Agus Sutisna AA. Selain Namin, Ichsan yang sebelumnya menjadi wakil ketua fraksi digantikan Wahyu Hidayati Sulhi. Sedangkan Ichsan menjadi sekretaris menggantikan Wahyu Hidayati Sulhi. Sedangkan bendahara tetap diduduki Mira Merdianty.

Namin mengatakan, memang tidak ada ketentuan yang melarang pimpinan dewan menjadi ketua fraksi. “Hanya saja kurang etis, dan agar lebih fokus saja,” ujarnya.

Kata dia, saat ini perubahan yang dilakukan partai berlambang pohon beringin ini masih sebatas susunan pengurus fraksi. Apabila ia sudah diambil janji dan sumpahnya, maka akan dilakukan perubahan alat kelengkapan. Selama ini, Namin duduk sebagai Anggota Komisi I dan tergabung dalam Badan Anggaran serta Badan Pembentukan Perda. Apabila ia diambil janji dan sumpahnya sebagai ketua dewan, maka posisinya yang lama akan kosong. “Saat itulah baru dilakukan perubahan alat kelengkapan. Kalau sebelum, itu hal yang tidak mungkin,” terang dewan yang terpilih dari Dapil Curug dan Walantaka ini.

Kata dia, saat menduduki jabatan ketua dewan nanti, ia akan mempertahankan hal-hal baik yang selama ini dilakukan Subadri. “Yang pasti, kami akan bersinergi dulu dengan para pimpinan yang lain dan anggota dewan yang lain, karena lembaga DPRD ini bukan hanya dikomandoi satu orang saja, tapi kolektif kolegial,” ujarnya.

Plt Ketua DPRD Kota Serang Bambang Janoko mengatakan, banmus untuk penjadwalan rapat paripurna istimewa pengambilan sumpah dan janji pergantian antar waktu ketua dewan akan dilakukan setelah masa reses selesai. Setelah banmus ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, mulai dari yang melantik hingga rohaniawan.

 

Sumber :Bantennews