Jika Terjadi Munaslub, Airlangga Adalah Figur Paling Tepat Jabat Ketua Umum Golkar

Airlangga_hartanto_Menperin_dokMenperin

Gaung untuk diadakan kembali Munaslub dalam tubuh Partai Golkar semakin menggema. Tak kurang ada 21 dari 34 DPD 1 Provinsi se-Indonesia menyatakan jika Golkar butuh untuk segera menggelar Munaslub.

DPD 1 Golkar se-Indonesia menganggap jika Golkar butuh diselamatkan, jalan yang paling mungkin untuk menyelamatkan Golkar adalah dengan memilih ketua umum baru melalui forum Munaslub.

Nama yang santer beredar dan dianggap cocok menjabat posisi ketua umum jika Golkar lakukan Munaslub adalah Airlangga Hartarto. Bagaimana kira-kira peluang Airlangga memimpin Golkar? Politikus senior Partai Golkar, Fadel Muhammad menganggap Airlangga figur tepat. Pertimbangannya, rekam jejak bersih, pintar dan ayahnya pernah menjadi menteri di era Presiden Soeharto, selain itu, Airlangga dianggap memenuhi unsur PDLT (prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela).

Sosok Airlangga sendiri diyakini akan diterima dengan baik oleh Presiden Jokowi. Apalagi posisi Airlangga sekarang ini berada di lingkaran kabinet Jokowi-JK. Airlangga adalah figur yang dapat diterima semua kalangan luar maupun dalam Partai Golkar.

Bagi Fadel Muhamad, Airlangga yang merupakan pembantu presiden sangat strategis posisinya. Golkar perlu mendapat dukungan Jokowi karena Golkar sedang dalam posisi mendukung pemerintah. Lain hal jika terjadi Munaslub dan terjadi dinamika dalam forum yang memutuskan Golkar tidak lagi mendukung Pemerintahan Jokowi-JK, maka scenario Airlangga sebagai Ketua Umum Golkar dapat gugur secara fatsun politik.

Sementara hingga saat ini, tidak ada suara sumbang yang menyuarakan jika Golkar mencabut dukungan terhadap Jokowi dan menjadi partai oposisi. Artinya kedepan pun Golkar tetap setia pada sikap politik yang diamanatkan Munaslub Bali di waktu lalu.

Politisi Partai Golkar Yorrys Raweyai juga menyebut nama Airlangga Hartarto sebagai orang yang tepat dalam kondisi Golkar yang seperti ini. Menurutnya, Golkar perlu melihat keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pergantian ketua umum. Sebab Golkar adalah partai pendukung Jokowi.

Yorrys beranggapan jika Golkar usernya kini adalah pemerintahan Jokowi, jadi nanti tinggal dilihat gesturenya Jokowi bagaimana, dia mau ke siapa dan hampir sekarang itu kelihatannya ke Airlangga Hartanto.

Presiden Jokowi belum memberikan respons. Namun, orang-orang di sekitar presiden memberikan sinyal soal peluang Airlangga.

Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak berkomentar banyak terkait pergantian ketua umum Golkar. Sebab, itu urusan internal partai berlambang pohon beringin. Tapi, disinggung soal peluang Airlangga menjadi Ketua Umum Partai Golkar, JK melihat bisa saja terjadi meski saat ini masih menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

Menurut mantan Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, seorang menteri bisa merangkap jabatan sebagai ketua partai. JK menceritakan pengalamannya merangkap jabatan sebagai Wakil Presiden sekaligus Ketua Umum Golkar pada beberapa tahun lalu.

Jika memang scenario Munaslub kembali terjadi maka secara gambling, tokoh senior dan kelas menengah di Golkar mengerucut pada satu nama yakni Airlangga Hartarto. Alasannya juga jelas, Airlangga memenuhi segala syarat dan prasyarat sebagai ketua umum partai berlambang beringin ini. Selain itu, dalam dinamika seperti ini, Golkar butuh figur penyeimbang yang dapat diterima kelompok atau faksi-faksi pendukung maupun penolak keputusan Golkar dukung Jokowi. Airlangga dengan karakternya yang aspiratif akan menjadi jalan tengah dari segala kemelut Golkar.