Legislator Golkar Ini Mendorong Percepatan Pembangunan Pelabuhan Sukabumi

dewi asmara golkar

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Dewi Asmara mendorong pemerintah pusat agar segera mempercepat pembangunan Pelabuhan Samudera di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Kabupaten Sukabumi mempunyai sumber daya laut yang melimpah mulai dari sektor wisata, perikanan hingga transportasinya. Sehingga kami di legislatif berupaya mendorong pemerintah pusat untuk segera membangun Pelabuhan Samudera,” menurut legislator Golkar dapil Jabar IV ini pada saat kegiatan resesnya di Sukabumi.

Menurut Dewi, saat ini Kabupaten Sukabumi sudah mempunyai pelabuhan perikanan nusantara di Palabuhan Ratu. Bahkan, sudah lama akan dibangun pelabuhan perikanan samudera, tetapi hingga saat ini belum terealisasi karena adanya masalah sengketa lahan.

Maka dari itu, dengan melihat potensi kelautan tersebut pihaknya mengusulkan agar pelabuhan samudera segera dibangun. Selain itu, pihaknya juga sudah mengusulkan langsung kepada Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi ketika melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi beberapa hari lalu.

Dengan adanya pelabuhan bertaraf samudera itu, nantinya bisa menampung banyak kapal besar baik dari dalam dan luar negeri untuk berlabuh. Sehingga ini bisa menjadi peluang dan potensi ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi khususnya yang tinggal di pesisir untuk meningkatkan kesejahteraannya dan mempercepat pertumbuhan ekonomi serta membuka lapangan pekerjaan baru.

“Kami akan terus mendorong dan berkomunikasi dengan anggota DPR RI lainnya yang berasal dari daerah pemilihan Kota/Kabupaten Sukabumi untuk bersama-sama mengusulkan hal yang serupa,” tambahnya.

Di sisi lain, Dewi mengatakan perhatian pemerintah pusat saat ini sangat besar kepada Kabupaten Sukabumi yang dibuktikan dengan melakukan pembangunan besar-besaran pada sektor insfrastruktur utamanya transportasi.

Seperti jalan tol, jalur ganda kereta api dan bandar udara (bandara) sehingga akses lalu lintas ke Sukabumi lebih cepat karena baik investor, wisatawan dan lainnya bisa memilih menggunakan alat transpotasi yang diinginkan untuk mencapai Sukabumi.

Apalagi jika ada pelabuhan bertaraf samudera, seluruh jenis transportasi mulai dari darat, udara dan laut menjadi lengkap. Tidak menutup kemungkinan beberapa tahun ke depan pertumbuhan ekonomi daerah ini akan menjadi yang terpesat di Jabar.