Legislator Golkar Ini Sebut Inovasi Penting Bagi Pembangunan Daerah

wenny golkar

Partai Golkar melalui suara salah satu pengurusnya meminta para legislator Golkar di daerah meningkatkan kreatifitas juga inovasinya guna membangun daerah dengan menggunakan hak inisiatif yang dimiliki legislatif dalam proses perumusan Raperda atau usulan program kerja ketika dilakukan Musrenbang di daerah.

“Kita perlu mengambil inisiatif dan menjadi pelopor dalam mendorong daerah untuk berinovasi menggerakkan potensi daerahnya. Dengan adanya potensi dan kreativitas lah daerah dapat maju dan berkembang pesat, tugas legislator bisa seperti itu, apalagi banyak aspirasi yang diserap hingga banyak pemetaan program nanti,” kata Pengurus Pusat DPP Partai Golkar, Wenny Haryanto, Rabu.

Wenny menjelaskan pula, bahwa DPRD harus mampu menjadi sumber inovasi Pemda, sehingga tujuan inovasi untuk mengatasi kesenjangan yang terjadi antardaerah, sekaligus mengakselerasi kinerja pemda dapat tercapai. Jadi ada sinergitas antara eksekutif dan legislatif. Apalagi mengingat jika Golkar merupakan partai yang konsisten mengawal pembangunan dari tingkatan daerah hingga pusat.

Menurutnya, Golkar berharap lahirnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah menjadi tantangan. Bukan hanya bagi Pemda tapi juga bagi para legislator Partai Golkar di daerah. Bagaimana kemudian legislator daerah dapat bahu membahu membangun daerah melalui inisiatif yang dimiliki legislator daerah.

Dalam berinovasi mengejar ketertinggalan daerah, DPRD dituntut agar membuat lompatan dalam melakukan percepatan pembangunan yang berimplikasi kepada pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Utamanya jika DPRD berhasil melakukan sinergitas antara legislatif dan eksekutif.

Sementara Deputi Inovasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Tri Widodo Utomo menyampaikan bahwa lahirnya PP di atas adalah bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan Negara. Tujuanya, untuk peningkatan pelayanan public, pemberdayaan masyarakat dan daya saing daerah.

Apa yang disampaikan Wenny Haryanto adalah sebuah bentuk kepeduliaan terhadap bagaimana Partai Golkar berkiprah di masyarakat. Walaupun gambaran secara umum tugas legislatif adalah soal pengawasan, legislasi dan penganggaran, bukan berarti para legislator yang terpilih tidak memiliki hak untuk memajukan daerahnya berdasar dari inisiatif yang dimiliki.

Ke depan diharapkan, Golkar bersama dengan para legislatornya mampu mewujudkan pembangunan yang dihasilkan dari kreatifitas juga inovasi masyarakatnya.