Menteri Asal Partai Golkar Mengapresiasi Keberadaan Industri Medikal

airlangga 2

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto meresmikan sebuah pabrik farmasi milik PT Ethica di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis kemarin pada tanggal 23 November 2017.

PT Ethica merupakan perusahaan farmasi dari joint venture antara Fresenius Kabi AG Jerman dan PT SOHO Global Health Indonesia. Pabrik yang menghabiskan dana mencapai Rp 1 triun ini berdiri di lahan seluas 4,3 hektar dan akan memproduksi obat injeksi.

Produk obat injeksi yang dihasilkan dari pabrik ini ditujukan khususnya untuk mendukung dan menyokong program nasional Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Sehingga nantinya kebutuhan obat nasional dapat terpenuhi, jika suplay obat-obatan berjalan dengan baik maka harganya pun akan terjangkau bagi masyarat.

Kedepannya pabrik ini juga diperuntukkan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi farmasi produk-produk obat injeksi untuk pasar Asia, Australia, dan Eropa. Semua pengembangan produk di pabrik ini dilakukan anak bangsa sebagai sumber daya unggulan.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan sumber daya lokal melalui transfer pengetahuan dan teknologi dari global ke lokal.

Pada akun twitter pribadinya, @airlangga_hrt mengucapkan, “Selamat atas peresmian pabrik baru PT Ethica Industri Farmasi. Semoga dengan diresmikannya pabrik baru ini dapat mendukung kebijakan pemerintah untuk menyediakan obat dan dapat berkontribusi terhadap perekonomian nasional.”

Keberadaan pabrik ini juga merupakan bukti kemudahan berinvestasi di Indonesia dan sejalan dengan Instruksi Presiden No. 6/2016 mengenai Percepatan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan.

Pada kesempatan lain menteri asal Partai Golkar ini juga menginginkan iklim investasi di Indonesia dapat terjaga dengan baik. Sehingga tujuan pertumbuhan ekonomi dan percepatan pembangunan dapat tercapai.