Nurul Arifin Ceritakan Kenangan Bersama Almarhum Sys NS

Politisi Partai Golkar Nurul Arifin punya kenangan tersendiri atas sosok almarhum Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns Soerio Soebagio ( Sys NS). Salah satunya bagaimana dia pernah diajak bergabung oleh salah satu pendiri Partai Demokrat itu.

“Dari dulu saya kenal Mas Sys, dan saya pernah diajak bergabung di Demokrat oleh Mas Sys, itu sih kenangan saya,” kata Nurul, saat melayat di rumah duka di Komplek IIAPCO Nomor 16, Jalan Kemang Timur Raya, Jakarta Selatan, Selasa (23/1/2018).

Nurul menilai, Sys NS sosok yang tidak bisa terpisahkan dari bidang seni dan juga politik. Misalnya, lanjut Nurul, saat Sys mendukung Joko Widodo sebagai Presiden RI dan Basuki Tjahaja Purnama pada Pilkada DKI 2017.

“Pertama, buat saya, mas Sys orangnya konsisten dan komit dengan profesi dan apa yang dia yakini. Dia konsisten dukung Jokowi. Kelihatan garisnya ke mana. Dia nasionalis sejati. Dan karya-karyanya. Dia tak terpisahkan dari seni dan politik,” lanjut Nurul.

Nurul punya kenangan unik tersendiri dengan pria kelahiran Semarang, 18 Juli 1956 itu. “Kebetulan tanggal lahirnya sama dengan saya. Jadi kami suka saling mengucapkan happy birthday,” kenang Nurul.

Dan pada kesempatan tersebut, Nurul pun tak lupa mendoakan Sys NS. “Mas Sys tekadnya tak pernah luntur untuk berkesenian dan politik. Dari dulu sejak saya kenal. Saya juga sempat diajak ke demokrat tapi kan saya sudah ada. Semoga semangat mas Sys selalu hidup dan menginspirasi kami,” pungkasnya.

“Jadi dia betul-betul sosok nasionalis yang sejati, ditunjukan juga dengan karya-karyanya,” ujar Nurul.

Semangat Sys NS yang bisa menggabungkan kedua hal itu menurut dia salah satu bentuk inspirasi.

“Semoga semangat Mas Sys tetap hidup dan menginspirasi kita semua, jadi berkesenian dan berpolitik bisa menjadi satu,” ujar Nurul.

Sys NS (61) meninggal dunia karena serangan jantung. Sys mengalami serangan jantung di rumahnya. Ketika itu, Sys terjatuh di halaman depan rumahnya.

Ia lalu segera dibawa oleh keluarganya ke Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan. Almarhum akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan.

 

 

 

Sumber : Kompas