Partai Koalisi Melunak, PKB Tunjukkan Itikad Dukung Usungan Golkar Untuk Pilgub Jabar 2018

DANIEL GOLKAR

Menjelang Pilgub Jabar 2018, konstelasi politik menyoal siapa calon yang akan menjadi paket pasangan semakin mengerucut, terutama pada figur yang telah mendapat ketetapan pengusungan calon. Seperti Ridwan Kamil yang sudah mendapatkan tiket untuk bertarung pada Pilgub Jabar 2018 dari hasil koalisi Golkar, Nasdem, PPP dan PKB.

Kini Ridwan Kamil hanya tinggal menentukan mengenai siapa yang akan mendampinginya pada Pilgub Jabar 2018. Masing-masing partai koalisi sudah menyorongkan nama kadernya untuk dapat dipilih oleh Ridwan Kamil. Golkar mendorong Daniel Mutaqien, sementara PPP mendorong Uu Ruzhanul Ulum, dan terakhir PKB menawarkan Miftahul Huda untuk dampingi Ridwan Kamil.

Sementara sampai saat ini nama yang berkembang semakin mengerucut dan menunjukkan tanda-tanda mengenai kepastian pendamping Ridwan Kamil. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)pada perkembangan waktu terakhir ini menyatakan, ingin calon wakil gubernur yang mendampingi Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat 2018 berasal dari kawasan Pantai Utara (Pantura) yang wilayahnya meliputi antara lain Cirebon dan Indramayu.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar meyakini tokoh dari Pantura bisa memaksimalkan perolehan suara Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengingat di kawasan tersebut Wali Kota Bandung itu tidak begitu kuat. Kekuatan Emil menurut Cak Imin ada di Jawa Barat bagian selatan, sementara PKB kuat di Pantura.

“Wakil dari Pantura itu lebih baik, karena hasil analisis kami itu dari Pantura, karena RK kuat di Selatan,” kata Cak Imin di Cirebon, Jawa Barat.

Hal tersebut sekaligus memastikan jika Daniel Mutaqien Syafiuddin juga kelak sedang dilirik oleh partai koalisi pendukung Emil.

Tak hanya PKB, partai pendukung lain seperti PPP dan Golkar juga telah mengajukan calon wakil gubernur.

Cak Imin mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan Ridwan Kamil untuk calon wakil yang akan mendampinginya. Namun, kata Cak Imin, persoalan wakil yang mendampingi Ridwan Kamil untuk maju di Pilgub Jabar banyak pilihan karena setiap partai pengusung mempunyai calon.

“Makanya kami melakukan pembicaraan terlebih dahulu mengenai wakil dan itu inisiasi dari Pak RK, untuk mengundang ketua partai di Jabar antar partai pendukung RK,” tuturnya.

Sejauh ini baru Ridwan Kamil yang memastikan diri sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat. Emil memastikan itu setelah mendapat dukungan dari NasDem, PKB, PPP, dan Golkar.

Tokoh-tokoh lain sepert Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar masih terus bergerilya mencari dukungan.

Sejumlah partai besar seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Gerindra, dan PKS juga belum memastikan tokoh yang akan mereka usung.