Pasangan Nurul-Ruli Kembangkan Sektor UKM Dengan Membuat Sentra Khusus UKM di Kota Bandung

Pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) bertekad untuk mengembangkan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM)sebagai penggerak perekonomian di Kota Bandung. Pengembangan UKM dapat dilakukan dengan memusatkan UKM di masing-masing wilayah sesuai dengan produk andalannya.

Calon Wakil Wali Kota Bandung nomor urut 1, Chairul Yaqin Hidayat mengatakan,keberadaan sentra-sentra UKM di Kota Bandung saat ini harus terus dikembangkan. Pemerintah Kota harus memiliki keberpihakan kepada para pelaku UKM.

“Seharusnya pemerintah kota membuatkan destinasi yang akan mempromosikan produk Bandung itu sendiri. Wisatawan itu dipekenalkan produk kebanggan Kota Bandung,” ujar Ruli saat mengunjungi sentra pembuatan keramik Kiaracondong, Kota Bandung, Rabu (21/2).

Menurut dia, Kota Bandung yang telah identik sebagai kota wisata menjadi salah satu pintu untuk menggerakan sektor UKM. Wisatawan yang datang ke Kota Bandung dapat mengunjungi sentra-sentra produk UKM.

“Jadi tour guide mampir ke sentra ini, mampir ke Ujung Berung ada sentra anak metal. Kita imbau juga agar kerjasama dengan pelaku usaha pelaku wisata dan kita sebagai wisatawan juga,” kata dia.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota dapat membuat gerakan untuk mengajak masyarakat menggunakan produk UKM. Hal ini untuk menjaga sektor UKM tetap hidup.

“Kalau bangga ya di rumahnya pakai dong ada beberapa produk misalnya ada keramik Bandung. Kemudian bikinlah kayak destinasi wisata. Seperti Saya tadi melukis keramik atau ada saung udjo didatangi, kita menggambar kan menyenangkan juga.Bisa juga ada rumah singgah keramik, ada tamannya. Bisa ngelukis anak-anak juga bisa belajar. Jadi selain akan menggerakan ekonomi produksi keramik juga akan mendatangkan gairah wisata,” katanya.

 

Sumber : Merdeka.com