Pilgub Jabar, Sejalan Dengan Golkar, APDESI Garut Ingin Pemimpin Muda

Daniel Lantik PK Golkar

Pasca penetapan Partai Golkar yang mendukung Ridwan Kamil, untuk maju Pilgub Jabar 2018 kini Daniel Muttaqien yang digadang-gadang akan mendampingi Emil banyak mendapatkan support dukungan. Beberapa saat lalu, Emil juga mendapatkan dukungan sekaligus silaturahmi kepada PWNU Jawa Barat. Kali ini dukungan kepada Daniel untuk menjadi orang nomor dua di Jawa Barat ini datang dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Garut.

Ini menjadi sebuah modal bagi Daniel, pasalnya untuk mengarungi pertarungan Pilgub Jabar 2018 mendatang yang memang bukanlah hal mudah. Hal ini disinyalir karena popularitas dan elektabilitas Daniel Muttaqien masih belum mumpuni, namun tertinggi diantara calon wakil gubernur lain yang diusung partai koalisi pendukung Ridwan Kamil, seperti Uu Ruzhanul Ulum yang juga didorong oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Daniel yang diproyeksikan akan mendampingi Ridwan Kamil ini dianggap sangat cocok, selain masih muda, Daniel pun syarat akan pengalaman dalam dunia politik dan pemerintahan. Apalagi dirinya memang memiliki trah kepemimpinan dari keluarganya, ayahnya merupakan Bupati Indramayu 2 periode yakni Irianto MS Syaifudin dan ibunya pun kini menjabat sebagai Bupati Indramayu.

Ketua APDESI Kabupaten Garut, Dede Kusdinar menjelaskan, Jawa Barat ini butuh pemimpin yang punya pengalaman, karena lanjut Dede, memimpin Jabar tidak lah mudah. Selain butuh pengalaman, menurut Dede, umur yang masih muda sangat menunjang untuk keliling Jabar, pasalnya Jabar ini sangat luas. Jadi berkorelasi terhadap stamina yang dimiliki oleh diri seorang pemimpin di Jawa Barat untuk dapat menyambangi masyarakat di pelosok Jabar.

“Dengan berbagai pertimbangan, yakni Pak Daniel memiliki pengalaman sebagai anggota DPRD Provinsi Jabar dan anggota DPR-RI, sehingga kami yakin beliau mampu melakukan pembangunan untuk kesejahteraan dan menjadi wadah aspirasi masyarakat desa,” ungkapnya. Melihat beberapa  nama yang belakangan muncul, Ridwan Kamil dan Daniel Muttaqin, Dede meyakini pasangan yang sangat ideal untuk memimpin Jabar.

Daniel juga merupakan figur yang dapat menyeimbangi kekuatan figur Ridwan Kamil dalam berbagai sisi. Visi pembangunan modern yang menjadi gagasan substantive Ridwan Kamil selama memimpin Kota Bandung dapat terimbangi dengan apa yang dimiliki Daniel Muttaqien dalam lingkup kesederhanaannya dan kebersahajaannya. Figur yang merupakan putra asli Pantura ini juga memiliki gagasan untuk mulai membangun dari desa, sejalan dengan apa yang menjadi aspirasi APDESI.