Pilkada Kota Bandung, Nurul Siap “Kawin” Dengan Oded

Nurul Arifin Golkar

Menindaklanjuti surat rekomendasi Partai Golkar terhadap Pilkada Kota Bandung. Bakal calon Walikota Bandung yang diusung Partai Golkar, Nurul Arifin mengemukakan bahwa dirinya terus menjalin komunikasi dengan beberapa tokoh serta partai politik yang lain. Seperti, Oded Muhammad Danial, bakal calon walikota Bandung dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga merupakan wakil walikota incumbent serta Ketua DPW Partai Nasional Demokrat Jabar Saan Mustopa, juga Ketua DPD Partai Gerindra Jabar Mulyadi.

“Alhamdulillah, paling tidak komunikasi itu diperlukan agar situasi politik tetap harmonis,” kata Nurul kepada wartawan di Bandung, Minggu (5/11/2017). Mengenai kemungkinan dirinya bersanding dengan Oded pada Pilwalkot Bandung yang akan datang, Nurul tidak menepis hal itu. Dia menilai, dalam politik tidak ada hal yang tidak mungkin. Segalanya bisa saja terjadi, termasuk kemungkinan jika Nurul akan “kawin” dengan Oded pada Pilwalkot Bandung 2018.

“Jadi saya tidak bisa mengatakan dengan siapa pastinya, karena pesan Pak Oded sendiri kita wajib berikhtiar dan berdoa, tapi akhirnya Tuhan yang menentukan,” tegas Nurul. Ketua DPP Partai Golkar Bidang Media dan Penggalangan Opini ini mengatakan, pihaknya akan segera mendeklarasikan dukungan pada dirinya untuk Pilkada serentak 2018. Dukungan tersebut sudah pasti didapat Nurul Arifin dari Partai Golkar.

Nurul mengungkapkan bahwa deklarasi akan dijalankan di Kota Bandung bersamaan dengan calon gubernur Jawa Barat serta calon kepala daerah yang mengikuti pilkada di 16 kabupaten/kota dari Partai Golkar. “Insya Allah minggu depan sudah ada kepastian, sehingga deklarasi bisa dilakukan bersama-sama dengan calon gubernur dan kepala daerah se-Jawa Barat,” kata Nurul. Hal ini juga sekaligus menjadi ceremony Golkar dalam menyambut Pilkada Jabar.

Sedangkan untuk pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar, lanjut Nurul, Golkar sudah mengambil keputusan untuk mendukung Ridwan Kamil, tetapi beberapa daerah belum memiliki sosok calon yang bakal diusung. “Pemilihan Walikota Bandung jelas ke saya, cuma koalisinya yang belum tahu dengan siapa. Untuk Bekasi dan Bogor sudah. Tinggal beberapa daerah lagi termasuk Pilgub Jabar, Golkar sudah memilih Ridwan Kamil, maka kami siap mendukungnya,” pungkasnya.

Dalam Pilkada Jabar 2018, Golkar sendiri menargetkan kemenangan 85% dari 16 daerah yang mengikuti Pilkada serentak di Jabar pada 2018. Jabar sendiri merupakan daerah yang penting untuk dimenangkan pada Pilkada maupun saat pemilu legislatif nanti. Karena jumlah suara yang diperebutkan sebesar 32,8 juta, suara yang akan bisa pengaruhi konstelasi politik pada Pilpres 2019.