Politisi Golkar Ini Terapkan Pembinaan Internet Sehat Kepada Siswa Seluruh SD Di Kabupaten Tangerang Selatan

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangsel melaksanakan kegiatan pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi siswa sekolah dasar (SD) yang ada di Tangsel.

Pemberian pemahaman akan TIK ini dilakukan agar anak-anak dapat menggunakan internet dengan aman dan tepat. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany di SDN Pondok Pucung 2, Kecamatan Pondok Aren, Tangsel, Selasa (23/1).

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan, penggunaan internet secara berlebihan berpotensi memberikan dampak yang buruk bagi masyarakat khususnya bagi para pelajar yang rentan terhadap penggunaan internet yang tidak sehat.

“Tingginya penggunaan internet dikalangan pelajar dan adanya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kondisi tersebut, sehingga memunculkan kondisi yang negative seperti hoax, cyber crime, bullying, pedofile online, judi online, prostitusi online dan dampak negatif lainnya. Dari kondisi tersebut melakukan pembinaan TIK bagi siswa se-Kota Tangsel,”jelasnya.

Airin mengungkapkan, tujuan sosialisasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan penggunaan tik secara sehat dan aman melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat.

“Saat ini peranan tik menjadi semakin penting, internet sebagai media informasi sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan bagi setiap orang. Perkembangan teknologi yang pesat tidak hanya membawa manfaat positif bagi masyarakat, tetapi juga ada sisi negative yang harus diwaspadai. Karenanya pengenalan teknologi informasi dan komunikasi pkepada siswa khususnya tentang internet sudah harus dimulai sejak dini, agar siswa dapat memanfaatkan teknologi sesuai dengan kebutuhan dalam pembelajaran,”ungkapnya.

Kepala Diskominfo Tangsel Ismunandar, menjelaskan, kegiatan sosialisasi mengenai penerapan tik di Tangsel merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan diskominfo tangsel. “Ini merupakan rutinitas setiap tahun, namun objek sasarannya berbeda untuk tahun ini, tahun lalu SLTP, SMA, dan untuk sekarang tingkat Sekolah Dasar,”ungkapnya.

Kegiatan internet sehat ini dilakukan di tujuh kecamatan, dengan masing-masing kecamatan satu sekolah. “Setiap kecamatan satu sekolah perwakilan, dan masing-masing kegiatan sebanyak 70 murid,”katanya.

Lanjutnya, dengan berkembangnya tik ini ada beberapa yang masuk kontens negative, survey yang dilakukan banyak murid sd yang memakai handphone smartphone, sehingga butuh memberikan pemahaman untuk mereka akan internet sehat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Taryono, berharap, dengan kegiatan ini sesuai dengan sasaran akan tersosialisasikannya internet sehat untuk anak-anak. Dengan kehadiran ibu walikota memberikan semangat kepada kepala sekolah di Pondok Aren menjadikan sekolahnya hebat, nyaman untuk siswanya. “Kami berharap, murid-murid ini bisa mengakses internet sehat,”singkatnya.

 

 

Sumber : WartaBanten