Politisi Muda Golkar Dukung Program Pemerintah Kota Jakarta Kembangkan Gang Hijau Di 30 Lokasi

Pengembangan Gang Hijau yang telah dilaksanakan Suku Dinas Pertanian dan Kehutanan Jakarta sejak tahun 2007 ini merupakan suatu terobosan penghijauan lingkungan kota yang dimulai dari lingkungan permukiman masyarakat. Pengembangan gang hijau dilatarbelakangi oleh kondisi wilayah Jakarta yang sangat padat dan panas,.

Kader muda Golkar Jakarta, Achmad Annama Chayat mengapresiasi rencana Pemerintah Daerah Kota Jakarta Selatan yang akan mengembangkan Gang Hijau di 30 lokasi.

“Ini gagasan yang luar biasa. Artinya akan ada 30 titik penghijauan di 10 kecamatan di Jakarta Selatan. Saya yakin ini akan memberikan banyak efek positif bagi masyarakat,” kata Annama dengan antusias.

Ada suatu harapan yang ingin dicapai melalui program kegiatan pengembangan gang hijau ini, Lingkungan yang hijau dan asri tentunya akan dapat meningkat kesehatan keluarga dan masyarakat. Namun lingkungan asri juga dapat mendorong masyarakat menjadi produktif , kreatif dan mandiri.

Menurut Annama yang juga politisi muda Golkar, setidaknya akan ada 3 manfaat dari program ini, dari segi lingkungan hidup, wisata dan ekonomi.

“Masyarakat di sekitar Gang Hijau setidaknya akan mendapat 3 manfaat langsung dari program ini. Sebagai sumber oksigen tentu membuat lingkungan makin segar. Sebagai destinasi wisata untuk edukasi pelajar maupun rekreasi keluarga. Dan dari segi ekonomi, masyarakat dapat menanam sayur, buah maupun tanaman obat yang dibutuhkan,” ujar Wasekjen PP AMPG ini.

Annama menerangkan, selain mempopulerkan Urban Farming atau pertanian di kota besar, program ini dapat merintis Vertiminaponik atau paduan budi daya sayuran dengan ikan.

“Urban Farming tentu, bagaimana warga kota menyiasati lahan sempit menjadi produktif dengan sayur-mayur dan buah-buahan. Tapi juga memadukan budi daya ikan dengan sayuran yang dikenal sebagai Vertiminaponik. Artinya, satu lagi sumber gizi warga dapat terpenuhi” pungkas Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI; Mahyudin ini.

Seperti diketahui, Walikota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, berencana mengembangkan program Gang Hijau di 30 lokasi yang tersebar di 10 kecamatan di Jakarta Selatan tahun 2018 ini.

“Program Gang Hijau ini adalah pengembangan dari pertanian perkotaan atau urban farming. Saya akan terus mendorong setiap wilayah di Jakarta Selatan membuat Gang Hijau,” kata Tri Kurniadi, Kamis (1/2/2018).

Untuk memperlancar pelaksanaan program ini dilapangan maka Sudin Pertanian dan Kehutanan Jakarta Pusat melakukan beberapa tahapan kegiatan dilapangan antara lain yaitu dengan mensosialisasikan kegiatan pengembangan gang hijau ini dimasing-masing wilayah, memperkenalkan jenis-jenis tanaman yang mudah untuk dikembangkan di lahan pekarangan, dan teknik budidaya tanaman seperti tanaman toga, tanaman hias, dan tanaman buah-buahan (mulai dari penanaman sampai pemeliharan tanaman).

 

 

Sumber : radaraktual.com