Rekomendasi DPP Golkar Untuk Pilkada Ciamis Masih Bisa Dicabut

kang agun

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Jawa I DPP Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan rekomendasi untuk calon bupati atau wakil bupati yang akan bertarung pada Pilkada Ciamis 2018 masih dalam proses dan belum ada rekomendasi mutlak yang mengunci salah satu figur untuk menjadi Cabup atau Cawabup Ciamis yang akan diusung Golkar.

Soal surat rekomendasi sebelumnya yang telah diberikan DPP Golkar kepada H. Iing Syam Arifin, pria yang akrab disapa Kang Agun ini menegaskan, jika hal tersebut masih ada dalam mekanisme demokrasi dan bisa saja berubah.

“Saya kira bagian dari proses dan masih belum selesai mengenai rekomendasi itu,” jelas Agun seusai sosialisasi empat pilar di Padepokan Komplek Astana Gede Kecamatan Kawali kemarin.

Menurutnya, kandidat yang telah mendaftar ke Partai Golkar beberapa waktu lalu yakni Iing Syam Arifin dan Herdiat memiliki peluang yang sama untuk diusung Partai Golkar. Persoalan rekomendasi, diharapkan segera selesai setelah nanti keluar surat rekomendasi yang ditandatangani ketua umum dan sekjen secara sah.

“Mengenai rekomendasi akhirnya (jatuh kepada) siapa, (tergantung nanti). Makanya untuk persoalan waktunya, kita inginkan lebih cepat lebih baik. Kita tunggu saja keputusan DPP Golkar. Harapan kita secepatnya segera ada putusan,” harapnya.
Agun menuturkan hasil rapat pleno DPD Golkar Ciamis telah mengisyaratkan 80 persen dukungan kader jatuh kepada Herdiat. Sebab, 23 dari 27 PK Golkar menyatakan mendukung manjer PSGC tersebut. di tingkat desa, dari 265 desa, 228 diantaranya menyatakan dukungan kepada Herdiat daripada nama Iing Syam Arifin yang juga sebagai petahana Bupati Ciamis.

Kang Agun merasa optimis terhadap hasil pleno tersebut dan akan menjadi pertimbangan  bagi DPP Golkar dalam memutuskan rekomendasi. “Saya yakin DPP Partai Golkar akan mempertimbangkan hasil pleno yang memenangkan Herdiat daripada Iing Syam Arifin,” pungkasnya.

Dan menjadi pertimbangan juga mengenai kedudukan Iing Syam Arifin yang telah mendapatkan dukungan dari PDIP Ciamis sebelum Golkar mengeluarkan keputusan akan mengusung siapa.

Selain itu Polemik di internal Partai Golkar Ciamis juga semakin memanasmenyusul turunnya surat DPP Partai Golkar no 1297/G/IX/2017 yang menetapkan Iing Syam Arifin, sebagai calon bupati Ciamis.

Sebanyak 23 Pengurus Kecamatan (PK) dan 228 Pengurus Desa (PD) Partai Golkar yang mendukung bakal calon bupati Ciamis, Herdiat, mendatangi Kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Ciamis untuk menggugat keberadaan surat yang ditengarai illegal dan tidak sesuai dengan mekanisme kepartaian.