Serikat Islam Jabar Dukung Bapaslon Wali Kota Bandung Nurul Arifin – Ruli Hidayat

Bakal pasangan calon Pilwalkot Bandung Nurul Arifin-Rulli Hidayat mendapatkan dukungan tambahan jelang masa kampanye. Kali ini organisasi islam yang sudah lama ada Serikat Islam (SI) mendeklarasikan diri mendukung pasangan Nurulli di Piwalkot Bandung. Relawan baru saja dibentuk oleh Serikat Islam (SI) Jabar untuk membantu pemenangan bakal pasangan calon Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (Rully) pada Piwalkot Bandung diseluruh kecamatan se Kota Bandung.

Relawan ini disebut dengan Relawan Barisan Cokro. Diambil dari nama salah satu pendiri SI yaitu HOS Cokroaminoto yang mana juga kakek buyut Rully sendiri. Dihadiri oleh beberapa perwakilan SI dari berbagai kabupaten/kota se Jabar, termasuk juga SI Kota Bandung yang mana Nurul-Rulli akan bertarung di arena pemilihan kepala daerah.

“Jadi saya mewakili pasangan Nurul-Rulli mendapatkan dukungan dari SI. Nanti ada yang namanya relawan barisan Cokro dari SI,” ujar Rulli Hidayat di Kantor DPW SI Jabar, Kamis (1/2/2018).

Rulli menjelaskan ia mempunyai hubungan historis dengan SI karena salah satu tokoh pendiri SI mempunyai hubungan darah dengan dirinya, yaitu HOS Cokroaminoto. Pihak SI juga mengatakan kalau alasan mengapa SI dengan mantap memilih untuk mendukung Nurul dan Rulli di Piwalkot Bandung adalah karena Rulli merupakan cicit dari HOS Cokroaminoto.

“Barisan Cokro adalah suatu dilatarbelakangi pemikiran bahwa pak rulli ini secaea biologis adalah keturanan HOS Cokroaminoto,” ujar Anggota DPP SI, Barna Soemantri.

Selain itu, SI juga memberikan kebebasan kepada anggotanya untuk berpihak dalam politik. Karena bagaimanapun SI juga dahulunya adalah partai politik.

“Sebagai organisasi yang dilahirkan oleh HOS Cokro harus mendukung. Ketua cabangnya sendiri sudah berikrar memenangkan Nurul-Rulli,” ujar Barna.

Nanti relawan akan tersebar diseluruh Kota Bandung. Mulai dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat RW.

“Secara struktural kami ada disetiap kecamatan, nanti turun ke tingkat kelurahan dan turun lagi ke tingkat RW. Jadi rantainya tidak putus,” ujar Koordinator Relawan Barisan Cokro, Barna Soemantri, di Kantor DPW SI, Kamis (1/2/2018).

 

 

Sumber : Tribunnews.com