T-Rex Cyber Bergerak Cepat Pasca Putusan Golkar Usung Ridwan Kamil Untuk Pilgub Jabar

SocialMediaManagement

Setelah resmi mendapatkan dukungan dari DPP Partai Golkar untuk maju Pilgub Jabar 2018, Ridwan Kamil langsung bergerak memainkan tim media sosial demi mendokrak citra dirinya. Sebelumnya, tim sosial media yang dibentuk Ridwan Kamil, memang sudah bergerak dan telah menjalankan program beberapa bulan lalu, untuk memuluskan pencalonannya sambil terus menaikkan ritme popularitas di jagat media sosial.

Koordinator Media Sosial Relawan Jabar Juara, Rahmat Saputra mengatakan, timnya saat ini sudah beranggotakan 50 orang. Tim sosmed ini bernama T-rex, yang bekerja setiap jumat sampai minggu, tim ini sudah bekerja sejak bulan Agustus lalu.

“Respon sudah mulai tinggi, banyak yang bertanya bagaimana bergabung jadi relawan dan segala macamnya,” kata Rahmat Saputra, Senin (13/11) di Jakarta.

Tim sosmed ini dilakukan, untuk mempromosikan juga mensosialisasikan kinerja Ridwan Kamil, selama menjadi Walikota Bandung, ada pun media sosial yang dibentuk Ridwan Kamil ini, terdiri dari Facebook, Instagram, dan Twitter.

Saat ini, kata Rahmat, tim media sosial Ridwan Kamil, tengah menjalankan program menghimpun sekaligus memetakan masalah, ia saat ini sedang mengumpulkan masalah yang saat ini dialami warga Jawa Barat, serta bagaimana nanti formulasi ide dan solusinya. “Semua masukan itu didata untuk visi misi Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil),” kata Rahmat.

Diketahui, saat ini follower dukungan untuk Ridwan Kamil sudah banyak, untuk follower di Instagram sebanyak 12 ribu orang, Twitter sebanyak 12,2 ribu orang, dan Facebook sebanyak kurang lebih seribu orang.

Akun ini, kata Rahmat, ditargetkan bisa menyasar kepada semua kalangan, terutama kalangan pemilih muda. Karena dapat diketahui memang pangsa pasar secara politik yang dimiliki Ridwan Kamil adalah pemilih muda. Hal ini dikarenakan kreatifitas Ridwan Kamil dan tim dalam mengemas citra dirinya. Tim ini bekerja tanpa kantor khusus, dan saat ini semua anggota tim cyber ini tersebar di Bandung, Jakarta dan Sekitarnya.

Senada, Ketua Tim T-Rex Cyber Army, Poerwalaksana mengatakan, untuk anggota sebanyak 15 orang ini, selain ditugaskan untuk membuat akun dukungan Ridwan Kamil, tugas utamannya adalah menjaring pemilih lewat media sosial. “Pengguna media sosial di Jawa Barat diperkirakan berjumlah 30 persen dari total penduduk,” kata Poerwalaksana.

Diharapkan dengan keberadaan tim cyber yang mendukung gerak langkah Ridwan Kamil dapat memaksimalkan penggalangan suara dari berbagai corong yang ada, termasuk media social. Tak hanya Ridwan Kamil, figur yang digadang-gadang akan mendampinginya pada Pilgub Jabar 2018 yakni Daniel Mutaqien juga memiliki tim cyber yang terus akan menggenjot popularitas juga elektabilitas dirinya.