Tak Bisa Dibantah, Golkar Ungkap Mengapa Harus Daniel Yang Dampingi Emil

Daniel Golkar

DPD Partai Golkar Jawa Barat meminta Ridwan Kamil menjadikan Daniel Muttaqien Syaiffudin sebagai calon wakil gubernur untuk bertarung mendampinginya di Pilgub Jawa Barat. Seperti diketahui, Golkar menetapkan pria yang akrab disapa Emil itu sebagai cagub dan merekomendasikan Daniel Muttaqien sebagai cawagub.

Besok, DPP bahkan akan menyerahkan surat keputusan (SK) pengusungan tersebut kepada DPD Partai Golkar Jawa Barat. SK itu selanjutnya akan diserahkan DPD kepada Emil dan Daniel. Namun kabar terakhir yang diterima adalah, DPP Golkar melalui Ketua Umum Setya Novanto atau Sekjen Idrus Marham yang akan menyerahkan langsung SK tersebut kepada Ridwan Kamil dan Daniel Muttaqien.

“DPD Partai Golkar Jawa Barat mengharapkan kepada Ridwan Kamil yang sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP Golkar untuk kiranya dapat memilih Daniel Muttaqien sebagai cawagub,” kata Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat M.Q. Iswara di Bandung, Rabu (8/11/2017).

Menurut Iswara, terdapat sejumlah alasan logis dan objektif mengapa Emil harus memilih Daniel Muttaqien sebagai pendampingnya. Ia menyebut setidaknya ada enam alasan.

“Pertama, Daniel memiliki basis suara yang kuat di daerah Pantura, sehingga diharapkan dapat meng-cover kelemahan suara Ridwan Kamil di wilayah Pantura,” ungkapnya.

Kedua, Golkar merupakan peraih suara terbanyak kedua di Jawa Barat pada Pemilu 2014. Saat itu, Golkar mendapatkan sekira 15,7 % suara atau sekitar 3,3 juta suara. Itu menurutnya bisa jadi modal penting.

“Ketiga, tren partai Golkar di Jawa Barat beda dengan provinsi lain. Saat ini surveinya (elektabilitas Golkar di Jawa Barat) sudah 18 %, dan ini masih akan meningkat terus hingga Pemilu 2019” ucap Iswara.

Alasan keempat, jika Emil memilih Daniel, ia meyakini mesin Partai Golkar se-Jawa Barat akan optimal di berbagai tingkatan, apalagi mesin partai Golkar terkenal sudah mengakar hingga desa-desa. Sebab, adanya Daniel akan membuat kader Golkar bekerja keras dalam upaya pemenangan.

Kelima, Golkar memiliki kepala daerah dan wakil kepala daerah terbanyak di Jawa Barat yang mencapai 11 orang. Keenam, Golkar memiliki 199 anggota DPRD kabupaten/kota, 17 anggota DPRD Jawa Barat, dan 17 anggota DPR RI.

“Saya yakin mereka akan berjuang, akan berupaya semaksimal kemampuan mereka untuk memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Daniel Muttaqien,” menurut Iswara.

Keenam, adalah pertimbangan Daniel Muttaqien yang terhitung masih muda dan energik. Hal itu sangat penting karena mengingat daerah Jawa Barat yang luas, sehingga butuh energi lebih bagi pemimpin yang kelak memimpin Jabar untuk dapat menyambangi masyarakat hingga ke pelosok.

Disinggung soal partai pengusung Emil lain yang memiliki keinginan sama agar kadernya diusung sebagai cawagub, ia mengatakan hal itu bisa dibicarakan. Tapi, saat ini ia menyodorkan alasan yang logis dan rasional yang dinilai bisa memperkuat kans kemenangan Emil.

Sementara saat disinggung kemungkinan Golkar mencabut dukungan jika Daniel Muttaqien pada akhirnya tidak diusung jadi cawagub oleh Emil dan partai pengusungnya, ia belum bisa berbicara lebih jauh. Ia menyebut itu ranah kebijakan DPP.